Memaksa pengguna untuk memasukan log pesan

Ada dua cara untuk menjaga pengguna dari mengkomit dengan pesan log kosong. Pertama adalah spesifik bagi TortoiseSVN, yang lain bekerja untuk semua klien Subversion, tapi memerlukan akses ke server secara langsung.

Naskah-Hook pada server

Jika Anda mempunyai akses langsung ke server repositori, Anda bisas menginstalasi naskah hook pre-commit yang menolak semua komit dengan pesan log kosong atau terlalu pendek.

In the repository folder on the server, there's a sub-folder hooks which contains some example hook scripts you can use. The file pre-commit.tmpl contains a sample script which will reject commits if no log message is supplied, or the message is too short. The file also contains comments on how to install/use this script. Just follow the instructions in that file.

Metode ini adalah cara yang direkomendasikan jika pengguna Anda juga menggunakan klien Subversion lain daripada TortoiseSVN. Akibatnya adalah komit ditolak oleh server dan karenanya pengguna akan mendapatkan pesan kesalahan, Klien tidak bisa mengetahui sebelum komit yang akan ditolak. Jika Anda ingin membuat TortoiseSVN mempunyai tombol OK dimatikan sampai pesan log cukup panjang lalu silahkan gunakan metode yang dijelaskan di atas.

Properti Proyek

TortoiseSVN menggunakan properti untuk mengontrol beberapa fiturnya. Salah satu dari properti itu adalah properti tsvn:logminsize.

Jika Anda mengeset properti itu pada folder, maka TortoiseSVN akan mematikan tombol OK dalam semua dialog komit sampai pengguna telah memasukan pesan log dengan setidaknya panjang yang ditetapkan dalam properti.

For detailed information on those project properties, please refer to bagian bernama “Seting Proyek”.