Fitur TortoiseSVN

Apa yang membuat TortoiseSVN menjadi klien Subversion yang baik? Ini adalah daftar singkat dari fitur.

Integrasi Shell

TortoiseSVN terintegrasi sepenuhnya dengan shell Windows (contohnya. explorer). Ini berarti bahwa anda dapat tetap bekerja menggunakan piranti yang biasa anda gunakan. Anda tidak perlu beralih ke aplikasi lain untuk menggunakan fungsi kontrol versi tersebut.

Bahkan anda tidak dibatasi hanya dengan Windows Explorer. TortoiseSVN dapat bekerja dengan banyak aplikasi pengaturan file lain, termasuk dengan dialog Arsip/Buka yang umum pada aplikasi standar Windows. Bagaimanapun juga, anda harus ingat bahwa TortoiseSVN sengaja dikembangkan sebagai tambahan dalam Windows Explorer. Karena itu ada kemungkinan dalam aplikasi pengaturan file yang lain integrasi tersebut tidak berjalan seperti dalam Windows Explorer. Misalnya ikon tidak muncul.

Lapisan ikon

Status dari setiap file dan folder berversi ditunjukan oleh lapisan ikon kecil. Dengan cara itu Anda bisa melihat dengan cepat bagaimana status dari copy pekerjaan Anda.

Tampilan Grafis Pengguna

Ketika Anda sedang melihat daftar perubahan terhadap file atau folder, Anda dapat mengklik pada revisi untuk melihat komentar untuk komit tersebut. Anda juga dapat melihat daftar file yang diubah - cukup klik ganda pada file untuk melihat secara tepat apa yang berubah.

Dialog komit menunjukkan daftar semua item yang akan dimasukkan dalam komit, dan masing-masing item memiliki kotak centang sehingga Anda dapat memilih item yang ingin Anda sertakan. File tidak berversi juga ditunjukkan dlm daftar ini, kalau saja Anda lupa untuk menambahkan file baru tersebut.

Akses mudah ke perintah Subversion

Semua perintah Subversion tersedia dari menu konteks explorer. TortoiseSVN menambahkannya sendiri submenu disana.

Karena TortoiseSVN adalah klien Subversion, kami juga ingin memperlihatkan kepada Anda beberapa fitur Subversion sendiri:

Pembuatan versi direktori

CVS hanya melacak histori dari file individual, tapi Subversion mengimplementasikan sistem file berversi virtual yang melacak perubahan ke seluruh susunan direktori terus menerus. File dan direktori diversikan. Walhasil, ada perintah sisi-klien nyata memindahkan dan mengcopy yang beroperasi pada file dan direktori.

Komit atomis

Komit pergi ke repositori sepenuhnya, atau tidak sama sekali. Ini membolehkan para pengembang untu mengkonstruksi dan mengkomit perubahan sebagai potongan logikal.

Metadata berversi

Setiap file dan direktori mempunyai set properti tidak terlihat yang dilampirkan. Anda bisa menciptakan dan menyimpan setiap pasangan kunci/nilai semau yang Anda inginkan. Properti diversi terus menerus, seperti halnya isi file.

Pilihan lapisan jaringan

Subversion mempunyai pengertian abstrak dari akses repositori, membuatnya mudah bagi orang untuk mengimplementasikan mekanisme jaringan baru. Server jaringan tingkat lanjut Subversion adalah modul untuk server web Apache, yang berbicara varian HTTP yang disebut WebDAV/DeltaV. Ini memberikan keuntungan besar untuk Subversion dalam stabilitas dan interoperabilitas, dan menyediakan berbagai fitur kunci bebas: otentikasi, otorisasi, kompresi sambungan, dan melihat repositori, sebagai contoh. Proses server Subversion sendiri yang lebih kecil juga tersedia. Server ini menggunakan protokol bebas yang bisa dilintasi dengan mudah melalui ssh.

Penanganan data konsisten

Subversion memperlihatkan perbedaan file menggunakan algoritma pembedaan biner, yang bekerja secara identik pada file teks (bisa dibaca-manusia) dan biner (tidak bisa dibaca-manusia). Kedua tipe file disimpan secara sama dipadatkan dalam repositori, dan perbedaan dikirimkan dalam kedua arah melintasi jaringan.

Pembuatan cabang dan tag secara efisien

Biaya pencabangan dan tag tidak perlu proporsional pada besarnya proyek. Subversion membuat cabang dan tag dengan cukup mengcopy proyek, menggunakan mekanisme mirip dengan link-kasar. Selanjutnya operasi ini hanya memerlukan waktu hanya sebentar, dan ruang sangat kecil dalam repositori.