Pendahuluan

Daftar Isi

Apakah yang dimaksud dengan TortoiseSVN?
Fitur TortoiseSVN
lisensi
Pengembangan
Sejarah TortoiseSVN
Pengakuan
Bimbingan Membaca
Terminologi yang digunakan dalam dokumen ini

Kontrol versi adalah seni dalam pengaturan perubahan informasi. Merupakan piranti kritis bagi para programmer sejak lama, yang pada umumnya meluangkan waktu membuat beberapa perubahan kecil pada perangkat lunak lalu membatalkan atau memeriksa beberapa dari perubahan itu di hari-hari berikutnya. Bayangkan satu tim dari para pengembang itu bekerja secara bersamaan - dan mungkin bahkan secara simultan pada file yang sama! - Anda dapat melihat mengapa sistem yang baik diperlukan untuk meminimasi potensi kekacauan.

Apakah yang dimaksud dengan TortoiseSVN?

TortoiseSVN is a free open-source Windows client for the Apache™ Subversion® version control system. That is, TortoiseSVN manages files and directories over time. Files are stored in a central repository. The repository is much like an ordinary file server, except that it remembers every change ever made to your files and directories. This allows you to recover older versions of your files and examine the history of how and when your data changed, and who changed it. This is why many people think of Subversion and version control systems in general as a sort of time machine.

Beberapa sistem kontrol versi juga merupakan sistem manajemen konfigurasi perangkat lunak (SCM). Sistem ini terutama dibuat untuk mengatur susunan dari kode sumber, dan mempunyai banyak fitur yang khusus ke pengembangan perangkat lunak - seperti pengertian alami bahasa pemrograman, atau piranti penyediaan untuk pembangunan software. Subversion, bagaimanapun, bukan salah satu dari sistem ini; ia adalah sistem umum yang bisa digunakan untuk mengatur setiap koleksi file, termasuk kode sumber.